Membentang di pesisir barat kekuatan dan selatan Provinsi Jawa Barat, Sukabumi menaruh banyak potensi yang mampu mengakibatkan pelancong betah berlama-lama di sini.
Bentangan daerahnya yang beragam dari dataran candy bonanza tinggi dan pegunungan, hingga pantai-pantai indah menjadikan tempat ini destinasi liburan akhir pekan favorit sebagian warga ibukota, terutama kawasan Pelabuhan Ratu.
Padahal Sukabumi jauh lebih luas dari sekadar Pantai Pelabuhan Ratu. Nah, kecuali Anda menghendaki mencari rekomendasi tempat-tempat seru lain di Sukabumi tak hanya Pelabuhan Ratu, baca terus artikel ini hingga tuntas!

1. Langkahkan kaki di jembatan gantung terpanjang di Indonesia: Situ Gunung Suspension Bridge

Sukabumi memang tidak pernah kehabisan akal untuk memukau kita semua. Tersembunyi di Kawasan Situ Gunung, terkandung sebuah jembatan gantung dragon tiger nan eksotis yang tidak hanya menghubungkan dua tanah tetapi termasuk kita bersama dengan alam.
Dengan panjang 250 meter dan berada di ketinggian 150 meter, jembatan gantung ini sudah dianggap sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

Rasakan sensasi terjadi di atas kanopi hutan bersama dengan pohon dan bukit bersebaran ke sejauh mata mampu memandang. Dikelilingi oleh alam hijau, Anda mampu merasakan kesunyian dan ketenangan yang sulit untuk ditandingi.
Setelah puas mengagumi pemandangan yang fantastis dari sini, Anda mampu melanjutkan petualangan ke Curug Sawer untuk merasakan segarnya percikan air terjun, letaknya hanya 10 menit dari Jembatan Situ Gunung.

Tiket Masuk: Dewasa, Rp50.000 | Anak-Anak, Rp25.000
Alamat: Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. Koordinat di sini
Telepon: 0811 1440 144
Jam Operasional: Senin – Jumat, 07.00 – 16.00 | Sabtu & Minggu, 07.00 – 17.00

2. Menginap di barak seni bersama dengan pemandangan biru menghipnotis: Karang Aji Beach Villa

Penggemar seni eksentrik? Gak mampu jauh-jauh dari alam? Atau kedua-duanya? Kabar baik! Karang Aji Beach Villa yang terletak di garis pantai selatan Jawa ini tawarkan dua kenikmatan sekaligus dalam satu lokasi.
Karang Aji Beach Villa mampu jadi tempat penginapan yang tepat bagi Anda yang menghendaki dimanjakan oleh pemandangan laut yang menghipnotis serta mengagumi karya seni rupa dan arsitektur sekaligus. Ini merupakan barak seni yang tersamar sebagai tempat istirahat para petualang.

Dengan gunakan kayu sebagai bahan utama, bangunan villa ini didesain dalam wujud unik bersama dengan dome berwarna-warni menghiasi bagian tengahnya. Dari interior, Anda mampu menemukan berbagai lukisan unik bernuansa oriental dan tempat bersantai di mana pemandangan laut keluar megah dan menakjubkan.

Di sini, nyanyian serangga bakal mengiringi Anda tidur dan nada gelombang bakal jadi alarm alami Anda. Tidak tersedia sedikitpun beban yang bakal menetap dikarenakan ketenangan dan keindahan di sini bakal menghapusnya dalam kala sekedip mata.

Karang Aji Beach Villa

Harga kamar mulai dari Rp350.000 per malam (Deluxe Room)
Alamat: Jl. Raya Cisolok KM 20-22, 10310 Cisolok, Sukabumi. Koordinat di sini
Telepon: 0821 7888 1962
Website

3. Nikmati hijaunya air danau yang eksotis: Danau Bacan

Danau ini memang merupakan lubang bekas galian tambang yang lantas terisi oleh air hujan. Batuan hijau yang membentuk dasar danau ini menjadikan air danau kelihatan berwarna kehijauan.

Meskipun ukurannya relatif kecil, tetapi warna hijau air inilah yang mengakibatkan tempat ini menarik bagi para pemburu foto.
Selain air danau, kronologis batuan yang mengitari danau termasuk memadai menarik lho. Penampakan batuan yang dipadukan bersama dengan hijaunya air danau menjadikan pemandangan di sini terlampau layak untu masuk di Instagram Anda.

Tapi ingat, Anda selamanya perlu waspada sehingga tidak terjatuh ke dalam danau.
Danau Bacan

Tiket Masuk: Gratis (Parkir Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor)
Alamat: Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

4. Lengkapi koleksi foto keren di Instagram Anda: Bukit Karang Para

Bukit Karang Para sudah menjelma jadi objek Instagram paling kekinian bagi para kawula muda.

Mengapa? Lihatlah keindahan batuan karang yang berpadu bersama dengan hijaunya alam dan asrinya perkampungan tradisional warga. Jelas saja!

Tempat paling digemari untuk berselfie ria adalah platform kecil dari bambu di antara dua batuan karang. Namun, mau bersabar ya, dikarenakan kala ramai kadang-kadang pengunjung perlu bergiliran untuk mengambil alih foto.

Bukit Karang Para

Tiket Masuk: Rp5.000
Alamat: Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Koordinat di sini.
Telepon: 0812 8887 6234
Jam Operasional: 24 Jam