Danau cantik berwarna biru tersebut berada di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Danau ini merupakan rumah bagi ribuan kupu-kupu sehingga anda bisa melihat pemandangan unik ketika berkunjung. Lebih lanjut, yuk cari tahu hal menarik slot qris apa lagi yang bisa ditemukan di sana.

Daya Tarik Danau Toakala

✦ Termasuk dalam Kawasan Taman Nasional
Danau Kassi Kebo berada di tengah-tengah kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, yang memiliki hutan rimbun dengan luas sekitar 43.750 hektar. Sehingga destinasi ini sangat cocok bagi anda yang gemar berpetualang. Dimana anda harus menjelajah hutan rimbun tersebut apabila ingin sampai ke area danau.

Selain melewati hutan, anda juga dapat menyaksikan pegunungan karst dari jarak yang cukup dekat selama perjalanan. Pegunungan karst sendiri memang salah satu daya tarik Maros. Dimana gunungnya tinggi membentang di depan mata, semakin melengkapi taman nasional dan membuatnya terlihat semakin cantik.

✦ Rumah Bagi Ratusan Kupu-Kupu
Danau Toakala, yang terletak di dalam Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, dikenal sebagai tempat tinggal bagi ratusan jenis kupu-kupu yang memukau. Ketika sudah mendekati area danau, anda akan melihat ada banyak kupu-kupu yang beterbangan kesana kemari. Menurut Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, terdapat sekitar 247 spesies kupu-kupu yang dapat ditemukan di kawasan ini.

Di antaranya ada lima spesies kupu-kupu yang dilindungi, yaitu ongol maculatus, troides hypolitus, troides cethosia myrina, troides haliphron, dan troides helena. Biasanya kupu-kupu ini paling banyak muncul saat peralihan musim, baik antara musim hujan ke musim kemarau maupun sebaliknya.

Jadi setidaknya ada dua kali dalam setahun, anda bisa menyaksikan ribuan kupu-kupu beterbangan dengan warna warni cantiknya kesana kemari di Danau Kassi Kebo. Kupu-kupu jenis graphium androcles dengan ekor panjang yang menjadi ikon Bantimurung pun bisa anda lihat secara langsung. Mereka punya warna kolaborasi hijau muda, kuning, dan hitam yang sangat unik.